Microsoft Minta Vendor Ponsel Promosikan WP


detail beritaSetelah menghabiskan jutaan dolar untuk melakukan pemasaran dan meningkatkan daya tarik untuk produk terbarunya, Microsoft minta vendor ponsel untuk mempromosikan Windows Phone (WP).

Perusahaan internet raksasa tersebut meminta HTC dan Samsung, bersama dengan mitra baru Nokia, untuk membantu mendidik penjual eceran serta memasarkan produk mereka agar pengguna berminat membeli dan menggunakan WP. Demikian seperti dikutip TG Daily, Selasa (11/10/2011).

Digambarkan oleh Microsoft keadaan saat ini; pembeli masuk ke toko ponsel tanpa adanya pengetahuan tentang apa yang harus mereka beli. Kemudian penjual akan menanyakan apakah ingin membeli iPhone atau ponsel Android. Pilihan ketiga adalah jenis lain dari keduanya yang mungkin belum diketahui oleh penjual itu sendiri.

TG Daily mengatakan bahwa WP mungkin merupakan satu-satunya kesempatan bagi Microsoft untuk benar-benar sukses di pasar smartphone saat ini yang masih didominasi iPhone dan Android. Namun tampaknya perusahaan tersebut sejauh ini belum melakukan pekerjaan yang baik untuk membuktikan hal itu.

Ketika WP 7 diluncurkan tahun lalu, penjualan di pekan pertama membuat beberapa platform mulai menolak bahkan sebelum mendapat kesempatan untuk mengenalkan lebih jauh mengenai handset tersebut.

Namun, Microsoft telah mengasah kemampuan pemasarannya untuk semua platform, dengan lebih fokus pada integrasi unik ke Xbox Live dan penggunaan game serta memperbaiki kemampuan jejaring sosial.

Dengan demikian, WP telah mencapai ke tingkat menengah. Walaupun perusahaan masih menghadapi masalah lain dari pemasaran, dibutuhkan waktu untuk menggelar update firmware sederhana awal tahun ini, dan Microsoft seperti terlihat terlambat.

Meskipun perusahaan telah mengembangkan versi terbaru dari Windows Phone Mango, banyak yang berharap, agar ponsel ini bisa keluar tepat waktu dan membawa banyak fitur baru yang benar-benar bisa membedakannya dari versi sebelumnya.

Tapi hal tersebut tidak akan berarti apa-apa, jika konsumen tetap tidak mengetahui tentang handset tersebut, sehingga Microsoft berharap dengan peningkatan anggaran pemasaran kepada HTC dan Samsung, maka hal tersebut akan membantu mereka memperkenalkan handset tersebut ke distributor dan konsumen secara menyeluruh